Cara Mudah Casting Kodi

0
505
views

Sudah paham tentang Kodi, Chromecast, dan Localcast? Silahkan langsung menuju ke tutorial.

Kodi (dulu disebut XBMC) semakin umum digunakan untuk melakukan streaming media ke berbagai perangkat baik PC maupun handphone. Ini karena Kodi bersifat multi-platform dan juga didukung oleh banyak third party plugin yang memungkinkan kita mengakses berbagai macam stream baik yang legal maupun ilegal.

Terlepas dari kontroversi legalitas media yang bisa diakses melalui Kodi, tentunya kita sering merasa tidak cukup menikmati media streaming melalui handphone atau PC dan ingin mencoba menikmati video streaming tersebut melalui TV berlayar lebar di rumah kita.

Ada banyak sekali cara untuk melakukan itu, salah satunya adalah menggunakan HTPC (Home Theatre PC) berbasis Mini PC, Kodi Box, maupun Raspberry Pi. Cara ini biasa dilakukan jika kita menginginkan dedicated HTPC yang selalu terpasang di TV untuk digunakan kapan saja. Namun tentunya ini membutuhkan perangkat dan ongkos tambahan.

Cara yang lebih murah adalah menggunakan perangkat casting seperti Miracast ataupun Google Chromecast. Kita bisa meng-install Kodi di handphone, kemudian mengirim (casting) video dari Kodi tersebut ke perangkat cast yang terhubung ke TV kita. Cara ini cukup praktis dan lebih murah jika kita tidak ingin memiliki dedicated HTPC.

Metode casting pun ada bermacam-macam. Cara paling mudah adalah casting seluruh tampilan handphone kita ke perangkat casting seperti Miracast / Chromecast. Tetapi cara ini mengharuskan handphone kita menyala sepanjang durasi video, selain itu terkadang ada gangguan dari notifikasi atau bahkan telepon masuk.

Cara yang paling ideal adalah melakukan casting untuk media saja (bukan casting seluruh tampilan handphone) dari aplikasi Kodi yang berada di handphone kita ke perangkat cast yang tersedia. Sayangnya sampai saat ini Kodi tidak langsung menyediakan cara ini, sehingga banyak yang menggunakan workaround dengan mengganti file Android/Data/org.xbmc.kodi/files/.kodi/userdata/playercorefactory.xml seperti disebutkan di sini.

Namun penggantian playercorefactory.xml ini cukup merepotkan dan kurang praktis jika kita sering berganti antara menonton video di handphone dan di TV. Untungnya sudah banyak yang menyadari hal ini dan membuat aplikasi seperti Kodi Caster atau Kodi Switch. Aplikasi itu sebenarnya hanya menyediakan toggle untuk merubah playerfactory.xml, tapi sangat membantu jika dibandingkan merubahnya secara manual.

Berikut ini salah satu cara yang menurut Bengkel Gawai sangat mudah untuk diikuti. Untuk tutorial ini kami menggunakan handphone Android dan Google Chromecast. Silahkan berbagi jika kamu memiliki pengalaman menggunakan perangkat cast atau handphone lain.

Perangkat keras yang dibutuhkan :

  • Handphone (kami menggunakan Android)
  • TV dengan port HDMI
  • Perangkat casting yang mendukung Localcast (kami menggunakan Google Chromecast)

Aplikasi yang dibutuhkan (semua GRATIS) :

Langkah :

  • Jika belum dilakukan, pasang Google Chromecast di TV dan ikuti langkah konfigurasinya.
  • Install semua aplikasi yang disebutkan di atas.
  • Jika belum dilakukan, install Kodi dan plugin yang sesuai sehingga kamu bisa memainkan media yang kamu inginkan di handphone.
  • Tutup Kodi, kemudian buka Kodi Caster atau Kodi Switch.
  • Di aplikasi ini, pilih enable cast sehingga media Kodi secara default akan diputar melalui Localcast.
  • Buka Kodi lagi dan coba jalankan media yang kamu inginkan. Tadaa… secara otomatis localcast akan terbuka dan menjalankan media tersebut di TV
  • Untuk melihat Kodi di handphone lagi, disable cast di Kodi Caster / Kodi Switch. Jangan lupa, Kodi harus di restart setelah setiap perubahan di Kodi Caster / Kodi Switch

Catatan :

  • Setiap kali setting di Kodi Caster atau Kodi Switch diubah, Kodi harus direstart ulang.
  • Ada beberapa media yang memang tidak bisa dijalankan oleh Google Chromecast. Jika kamu mendapatkan media seperti ini, satu-satunya solusi adalah mencari sumber streaming lain yang menyediakan jenis media yang didukung Chromecast.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here